Sabtu, 19 September 2009

GEMA TAKBIRPUN BERKUMANDANG BIKER'S JUGA LEBARAN


Gema Takbir berkumandang di malam terakhir Ramadhan, Meski Pengumuman resmi dari Pemerintah agak terlambat mengingat cuaca mendung yang menghalangi Munculnya 1 Syawal

Namun datang juga yang ditungu-tunggu Gema Takbirpun berkumandang menyambut datangnya Hari Raya, menyiratkan kita akan kebesaran Allah SWT. Seluruh umat Islam, merayakan hari kemenangan ini dengan bersama-sama mengucapkan Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar...Laa Ilahaillalla Hu Alla Hu Akbar...Alla Hu Akbar Walilla Ilham...Tak heran pula, tradisi menyambut lebaran biasanya dilakukan dengan pawai keliling, keliling jalanan, sambil membawa bedug ataupun obor baik jalan kaki, dengan Mobil maupun motor, bahkan ada dibeberapa daerah Takbirpun dilombakan.

Walaupun begitu dibeberapa kota, termasuk Daerah Ibukota Jakarta, telah melarang aktivitas arak-arakan takbiran di jalan-jalan protokol. Sebab selain menimbulkan macet, juga kadang menyebabkan tingginya angka kecelakaan.

Nah... Khusus di Bali ..Nih.... tradisi ini, masih berlangsung ampe sekarang, bahkan pernah bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu unik memang masyarat Balinya nggak boleh bepergian, nyalakan Lampu, nggak boleh rame-rame...namun kita umat muslim di Bali pada takbir namun dilaksanakan di Masjid-masjid di Langgar nah khusus di wilayah kabupaten Jembrana diwilayah Kelurahan Loloan Barat dengan Kawalan petugas Kepolisian dan Kodim melaksanakan Takbir keliling Kelurahan Loloan Barat seru memang.

Tentunya hal ini terselenggara baik karena kerukunan antar umat bergama, yang diatur oleh Pemda Kepolisian/ instansi terkait maupun oleh masyarakat sekitar

Terlepas dari itu, kumandang Takbir memang harus kita ucapkan ketika malam takbir telah tiba. Subhanallah, hati siapa yang tidak bergetar ketika mendengar ataupun sedang mengucapkan lafal Takbir, siapa yang tidak ingat akanmasa-masa kecil kita..kita kangen semua itu, kangen Bapak...kangen Ibu..kangen Saudara...kangen temen2 masa kecil dulu terutama ketika Bapakku ngajak aku nonton takbiran....!!

Pak..aku kangen padamu..tersenyumlah ..disisi Allah..setidaknya aku masih ada dijalan yang Bapak..tunjukkan padaku

Semoga kita semua terlahir dengan Fitri...amin

salam

0 komentar:

Posting Komentar